Contoh Instruksi untuk Tim Anda

November 19, 2007 at 8:46 pm Tinggalkan komentar

Ayo Bangun Tim yang Kuat & Tangguh! Kunci kesuksesan kita: disiplin dalam berlatih. Selalu datang dan tepat waktu. Kunci sepakbola kita: 1. fisik, meliputi ketahanan, kecepatan dan kekuatan, 2.paham bagaimana bermain sepakbola yang baik, 3.teknik dasar baik, meliputi mengumpan, menerima, menggiring, melindungi bola, dan menembak. Ketiga kunci ini kita singkat FIT (Fisik, Ilmu, Teknik).

Kita harus bekerjasama! Ingat, bermain bersama belum tentu bekerjasama. Betapa sering sebuah tim bermain bersama akan tetapi bermainnya sendiri-sendiri. Sama sekali tidak terorganisasi.

Menyebar di lapangan! 1.Lapangan sepakbola itu luas, manfaatkan. Kalau main jangan ngruwel dan grudhag-grudhug. 2.Disiplinlah dengan posisi Anda. Andalah yang paling bertanggung jawab terhadap daerah Anda. 3.Jangan grudhugan. Merebut bola cukup 1 orang saja. Maksimal 2 orang: jika pembawa bola sangat berbahaya.

Tendanglah bola dengan keras. Menendang bola harus keras dan mantap, jangan kluthak-kluthik. 1.Umpankan bola dengan keras. Sekali lagi, umpankan bola dengan keras dan mantap. Jika kita sudah bisa mengumpan dengan keras, dari jarak 8-10 meter pun kita sudah bisa mengumpan tanpa perlu mendekat lagi. 2.Semua harus bisa mengumpan lambung dengan jarak yang jauh. 3.Semua pemain belakang harus bisa melakukan sapu bersih (clearing) dengan tendangan yang keras. Jika pemain belakang terdesak di pertahanan, buang bola dengan keras ke arah depan luar. 4.Semua harus bisa shooting dengan keras dari luar kotak besar. Setidak-tidaknya dari tembakan yang keras bisa terjadi bola rebounce yang bisa diselesaikan menjadi gol. Jangan pernah berpikir bahwa menembak harus selalu dari dekat gawang. Tembakan geledek dari luar kotak besar adalah salah satu cara terbaik mencetak gol.

Gaya bermain kita adalah ‘ball possession dipadu dengan umpan lambung’. Prinsip ball possession adalah terus menguasai bola, bagaimanapun caranya. Jangan sampai bola jatuh ke kaki lawan. Sebab, jika lawan tidak pegang bola, mereka tidak mungkin bikin gol. Sebaliknya, jika kita terus menguasai bola, peluang kita untuk bikin gol akan lebih besar. Beberapa tips ball possession: 1. Kalau kita pegang bola, kita harus menyebar. Tujuannya: untuk mengurangi pressing dari lawan sehingga kita bisa lebih leluasa mempermainkan bola. 2.Semua pemain harus terus bergerak untuk mencari ruang. Jangan hanya berdiri menunggu umpan. Anda harus aktif bergerak untuk mencari ruang yang baik. Anda baru boleh tidak bergerak jika sudah berada pada posisi yang baik. Setiap ada salah seorang kita pegang bola, harus ada teman yang berada pada posisi bisa diberi umpan. 3.Kalau kita pegang bola, kita harus sabar, yang penting kita terus menguasai bola. Main bola itu tidak harus selalu menendang bola ke arah depan. Kita juga perlu mengumpan ke arah samping atau ke belakang, dalam rangka terus menguasai bola. 4.Jika kita sedang menyerang tetapi pertahanan lawan sulit ditembus, kita harus sabar mengepung pertahanan mereka, sampai dapat kesempatan mencetak gol. 5.Jika para pemain lawan bergerombol di daerah mereka, jangan segan-segan untuk menarik mereka keluar dari daerah mereka. 6.Setiap pemain yang pegang bola berkewajiban untuk mengamankan bola, jangan sampai jatuh ke kaki lawan. Karena itu jangan berspekulasi dan jangan ‘meksa’. 7.Jika kita terdesak, berikan bola kepada teman. Salah satu skill yang penting untuk bisa mengamankan bola adalah shielding (melindungi bola). 8.Jika tim lawan pegang bola, segera rebut bolanya. Jika mereka menguasai bola, pemain kita yang terdekat dengan bola harus melakukan press sampai mereka melakukan kesalahan.

Ball possession harus kita padukan dengan umpan-umpan lambung. Umpan-umpan lambung harus kita lakukan pada saat-saat yang tepat, misalnya: jika ball possession tak kunjung bisa membuat kita masuk ke pertahanan lawan, jika ada pemain kita yang jauh dari bola tapi berada pada posisi yang bagus untuk diberi bola, jika target man kita berpeluang untuk bisa bertarung memenangkan bola, dan sebagainya. Umpan lambung bisa digunakan untuk melakukan : umpan diagonal, crossing (lebih dari lima puluh persen gol tercipta dari crossing), umpan langsung ke jantung pertahanan, tendangan bebas, sepak pojok, umpan jauh dari bek sayap kepada pemain sayap, dan sebagainya.

Bermainlah dengan antusias dan penuh semangat, jangan ‘klewas-klewes’. Naikkan tempo, niscaya lawan akan keteteran dan megap-megap. Saat game (baik ketika latihan ataupun tanding), bermainlah dengan daya juang yang tinggi. Kita tidak boleh kalah disebabkan oleh kurang daya juang. Dengan bermain ‘ngoyo’, kita bahkan bisa mengalahkan tim yang diatas kertas lebih hebat daripada kita.

Ikhtisar: 1.Disiplin dalam latihan. 2.Kuatkan fisik, asah skill dan satukan persepsi tentang bagaimana cara kita bermain. 3.Kerjasama, harus terorganisasi secara tim. 4.Menyebar di lapangan. 5.Menendang harus keras. 6.Ball possession dipadu dengan umpan lambung. 7.Antusias dan penuh semangat. Jangan ‘klewas-klewes’.

Yel-yel game kita: Kerjasama – Nyebar – Jangan kluthak-kluthik – Kuasai bola – Jangan klewas-klewes – Allahu akbar!

Entry filed under: Teknik, Taktik & Strategi. Tags: , , , , , , , , .

Kunci Membangun Tim yang Kuat Catatan Singkat tentang Passing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru

Galeri Foto

trick2

trick1

control-thigh

Lebih Banyak Foto

Blog Stats

  • 235,374 hits

%d blogger menyukai ini: