Bekal Bermain Sepakbola

November 19, 2007 at 8:13 pm 29 komentar

Apa saja yang kita butuhkan untuk bisa bermain sepakbola dengan baik? Pertama-tama adalah keunggulan fisik, yang meliputi: ketahanan (endurance), kekuatan (strength) dan kecepatan (speed). Ketahanan berarti kita kuat bermain selama waktu yang cukup panjang tanpa tersengal-sengal alias kehabisan nafas (ketahanan aerobik) ataupun ngilu-ngilu (ketahanan otot). Kekuatan berarti otot-otot tubuh kita cukup kuat untuk menendang dengan keras, melempar bola cukup jauh, melakukan body charge dengan kuat, dan sebagainya. Adapun kecepatan bermakna kita bisa berlari dengan cepat (sprint) baik ketika membawa bola ataupun ketika tidak membawa bola.

Bekal kedua adalah ketrampilan (skill). Yang disebut dengan skill disini terutama adalah fundamen (teknik-teknik dasar) sepakbola, yang meliputi mengumpan dan menerima (passing and receiving), menembak (shooting), mengontrol bola dengan berbagai anggota badan, melindungi bola, dan menggiring (dribbling). Ketiga, kita membutuhkan kerjasama (teamwork). Sebuah tim akan bermain dengan baik jika semua pemain saling bekerjasama dengan jalinan komunikasi yang baik. Tidak ada yang egois. Semuanya bermain untuk tim. Keempat, taktik dan strategi yang baik. Jika dua tim sama-sama memiliki materi pemain yang kuat fisiknya, terampil mengolah bola, dan bisa bekerjasama, maka faktor strategi dan taktik akan menentukan tim mana yang akan menang. Tim yang bermain dengan strategi dan taktik yang lebih cerdas pastilah yang akan menang. Dan selain keempat hal itu, yang tidak boleh ketinggalan adalah mental yang positif. Semua pemain harus memiliki kepercayaan diri, optimisme dan semangat.

Entry filed under: Teknik, Taktik & Strategi. Tags: , , , , , , , , , , .

Menekan dan Ditekan Kunci Membangun Tim yang Kuat

29 Komentar Add your own

  • 1. Zajc  |  Maret 4, 2008 pukul 12:05 pm

    sorry klo aku maw kasie tambahan:

    masih ada beberapa lgi yg lebih penting al:

    1. Spirit fighting
    2. Bravery
    3. Agrresion
    4. Determination
    5. Influence
    6. First touch
    7. Balance
    8. think smart

    Balas
  • 2. syahadahfc  |  Maret 7, 2008 pukul 7:14 am

    Ya, kayaknya semua hal tersebut sudah tersebut dalam tulisan. Cuman, beda bahasa aja. By the way, makasih banyak atas komen dan masukannya. Agar semua makin semangat.

    Balas
  • 3. ben hasidoan  |  April 2, 2008 pukul 11:01 am

    bagaimana cara latihan gocekan

    Balas
  • 4. syahadahfc  |  April 6, 2008 pukul 2:09 pm

    Tentang dasar-dasar menggiring (dribbling), silakan lihat http://syahadahfc.wordpress.com/2007/11/19/tips-singkat-menggiring/
    Adapun soal gocekan, dalam bahasa Inggris disebut move. Pada dasarnya, move ini adalah pelengkap kemampuan dribbling.
    Karena itu, sebelum bisa move ya harus bisa dribbling dulu. Salah satu caranya adalah dengan dribbling slalom drill (menggiring zigzag).
    Adapun move banyak macamnya: scissor, lung, matthew, nutmeg, sombrero, spin, dan sebagainya. Makin banyak move yang kita kuasai, makin bagus, karena kita jadi sulit ditebak.
    Untuk bisa menguasai move, ya tidak ada cara lain kecuali berlatih dan berlatih. Practice makes perfect…

    Balas
  • 5. reza  |  Agustus 27, 2008 pukul 3:25 am

    apa sih inti dari sepak bola itu sendiri ?

    Balas
  • 7. Yashin  |  September 3, 2008 pukul 9:55 am

    Saya sngat bermain sepak bola. Karena sepak bola itu sngat nyenengin, dan m’mbuat qta melupakan problem2 hidup yg sulit d hdpi… Aq ingin menjadi pemain Timnas Indonesia suatu hari nanti. Karena itu adalah impian q dri kecil..

    Balas
    • 8. nanda arif  |  Agustus 26, 2009 pukul 3:56 am

      apa si supaya kita ga, males latiha / olahraga

      Balas
      • 9. bken  |  Maret 11, 2010 pukul 8:14 am

        intinya fisik dulu.. baru tehknik….

  • 10. Zulkifli  |  Januari 13, 2009 pukul 9:24 am

    apa ada video gerak lambat tendangan Beckham ? Aku mau belajar.

    Balas
  • 11. Njang  |  Januari 22, 2009 pukul 8:37 am

    sepak bola is nice

    Balas
  • 12. yohoho  |  Januari 22, 2009 pukul 2:39 pm

    Mau nanya, antara 4-3-1-2 sama 4-3-3 bagus mana??

    Balas
  • 14. didit  |  Februari 12, 2009 pukul 2:00 pm

    Waktu kita mendribbling kan sangat dibutuhkan ketenangan, gimana sih caranya agar kita punya ketenangan yang solid?

    Balas
  • 15. AddiNz  |  Februari 13, 2009 pukul 1:14 pm

    Salam Olahraga! Gimana cara membuat kaki kanan dan kaki kiri sama-sama hebatnya?

    Balas
    • 16. udink  |  Mei 23, 2009 pukul 1:21 am

      Cara agar kaki kanan dan kaki kiri sama-sama seimbang adalah melatih terus untuk menendang bola dengan jarak-jarak yang jauh.

      Balas
  • 17. reza fAhLeVi  |  April 3, 2009 pukul 1:00 pm

    Saya mau bertaya gimana sih cara buat bisa main dengan gaya sendiri?
    Saya kalo main sering mencontoh orang, jadinya saya gak pede.
    Tlng kasih saran ya…

    Balas
  • 18. udink  |  Mei 23, 2009 pukul 1:15 am

    Bagaimana cara agar kita bisa menjadi pemain sepak bola yang hebat? Apakah ada tips-tips untuk itu?

    Balas
    • 19. zacy  |  Agustus 26, 2009 pukul 3:47 am

      terus berlatih jangan lupa ber do’a

      Balas
    • 20. nanda arif budiman  |  Agustus 26, 2009 pukul 4:08 am

      jangan perna menyera percaya diri and jangan lupa ber do’a

      Balas
  • 21. Jogi  |  Juni 18, 2009 pukul 7:30 am

    Apa saja latihan untuk otot terutama otot kaki, paha dan betis?

    Balas
  • 22. herman lilo  |  Agustus 6, 2009 pukul 3:15 am

    bermain bola yg baik sebaiknya dikembangkan melalui ssb yang dimulai sejak usia 8 – 13 tahun

    Balas
  • 23. herman lilo  |  Agustus 6, 2009 pukul 3:20 am

    lari, lompat dan janggling bisa memperkuat otot paha dan betis, ini sangat penting bagi pemain bola

    Balas
  • 24. diki  |  Oktober 13, 2009 pukul 3:12 am

    tolong donk gambarkan posisi pemain dlm sepak bola beserta nama2 posisinya lw bisa smua formasi,thaks

    Balas
    • 25. minat bola  |  Januari 18, 2010 pukul 12:30 pm

      adakah salah pertahanan jika pemain tengah tidak ada brada di posisi yg sepatutnya menyebabkan tiada perlindungan di bahagian tengah

      Balas
  • 26. arif  |  Oktober 27, 2009 pukul 8:33 am

    dapt bola terus lari ke gawang lawan, terus golin deh

    Balas
    • 27. mirip.cr7  |  Desember 29, 2011 pukul 6:05 pm

      thU bguss..,
      tpii jgN trl’lu egoisz
      ..

      Balas
  • 28. herman lilo  |  Januari 1, 2010 pukul 3:50 pm

    http://www.detiksport.com/sepakbola/

    Balas
  • 29. minat bola  |  Januari 18, 2010 pukul 12:27 pm

    bagaimana klu pertahanan itu tidak sepantas penyerang

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru

Galeri Foto

trick2

trick1

control-thigh

Lebih Banyak Foto

Blog Stats

  • 235,372 hits

%d blogger menyukai ini: